Workshop 2 hari

Behavior Based Safety

(Pendekatan Olah Sikap)

Narasi

Materi Pelatihan BBS ( Behavior Based safety) sudah lama dan sering diberikan semua industry. Namun angka kecelakaan kerja masih tinggi. Sertifikasi program K3 sudah menjadi suatu kewajiban, namun secara statistik kecelakaan kerja tidak dapat ditekan hingga (zero accident) nihil kecelakaan. Hampir semua karyawan masih merasakan bahwa K3 membebani dan hanya menghambat mata rantai produksi.

Angka statistik menunjukkan bahwa 96% dari semua kecelakaan kerja disebabkan karena faktor perilaku manusia. Dalam analisa paradigma gunung es (Iceberg Paradigm), tidak ada perbedaan antara perilaku tidak aman dengan kecelakaan kerja (accident). Apa yang terjadi, itulah kualitas perilaku. Dapat dikatakan materi BBS masih belum efektif menjawab kebutuhan akan keselamatan dan kesehatan kerja yang memberi rasa aman.

Kami perkenalkan, Program Training Behavior Based Safety ‘dengan pendekatan olah sikap’ yang mampu menjawab persoalan yang lebih mendasar dari pada perilaku yaitu Olah Sikap. Ketika sikap kita perbaiki dengan olah sikap, dijamin, perbaikan perilaku mengikuti. Dengan membaiknya perilaku, standar keselamatan dan kesehatan kerja akan terus membaik sehingga zero accident, terutama karena Human Error dapat tercapai sepenuhnya. Dapat dikatakan, tanpa perbaikan sikap terus menerus, Zero accident, mustahil tercapai.

Outline :

Hari Pertama: Hari Kedua:
1. Pembukaan  1. Kegiatan simulasi BAHAVIOR BASED SAFETY
  Sikap prediktor utama   Prakondisi
      Promotif
  Hubungan sikap dan safety   Kuratif,
      Preventif
P Pre Test   Rehabilitatif
2. Sikap penentu sukses 2. Aktivitas  SAFETY
  Dasar pemikiran.   Aktivitas safety dengan olah sikap Harian, Mingguan, Bulanan, Tahunan
3. Konsep Olah Sikap 3. Latihan latihan
  Penempatan sikap Percepatan sukses   Simulasi individu, keluarga dan organisasi
4. Objek Sikap 4. Kunci sukses mentoring
  Merancang  Prestasi Puncak (Zero accident)   Janji olah sikap Keluarga menunggu anda selamat

Manfaat:

Semua Peserta manajer dan supervisor dari perusahaan lebih cakap dan handal  mengelola kultur K3 yang diinginkan. Pendekatan ini, mudah dipahami oleh banyak industri sebagai cara efektif mencapai nihil kecelakaan kerja, secara intangible, manfaat dapat terlihat dengan adanya budaya K3 yang kondusif sebagai hasil nyata komitmen olah sikap hari ke hari. Secara tangible manfaatnya:

  1. Fasilitas safety terawat baik
  2. Perawatan lingkungan terus menerus.
  3. Angka kecelakaan kerja nihil ( faktor Human error)
  4. Perusahaan/ instansi lebih produktif.
  5. Kami menyakinkan pentingnya sertifikasi

Target peserta:

  1. Direktur, Manager, Supervisor.
  2. Pengurus organisasi/serikat/ bipartite
  3. Praktisi SDM, auditor
  4. Umum dan pengamat yang berkepentingan

Tempat. Hotel PIH, Batam Centre, Batam 20-21 Maret 2019
Early Bird Fee : Rp. 2.500.000,-/Peserta


Workshop Leader : Hendari Gemilang.

Hendri Gemilang lulusan Universitas Andalas Padang jurusan bahasa dan satra Inggris. Membangun karir dan berbisnis di kawasan Batam, Singapure, Malaysia selama 20 tahun terakhir. Berbagai posisi penting yang pernah di tempati; Konsultan hubungan industrial, Assistant manager Corporate Service, Manager personalia dan Administrasi. Perjalanan tugas membawanya berinteraksi luas dengan Praktisi dan pelaku-pelaku bisnis berkelas di kawasan industri industri investasi strategis itu.  

Saat ini Hendri Gemilang adalah konsultan bisnis, hubungan industri, Singapore. Memberikan advise profesional pada klien adalah hal yang selalu dilakukan semua konsultan.

Pendaftaran Hubungi Kami

Tofan HSG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *